Preloader

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan akronim dari P5 yang diselenggarakan pada tanggal 📅 4-21 Desember 2024 di SMA Negeri 17 Surabaya. Tema dari P5 kali ini adalah bangunlah jiwa raganya dengan peserta siswa kelas X dan XI.  Kesehatan mental dan fisik siswa menjadi target pada tahun ini, yang diimplementasikan dalam lingkup P5. Tahun ini kelas X memasuki tema yang ke-2, sedangkan kelas XI memasuki tema yang ke-3. 

Tingkat pelajar khususnya sekolah dasar sampai menengah, bullying kerap terjadi.  Bullying dapat terjadi secara  fisik maupun  verbal. Bullying pada ranah pendidikan dapat berakibat fatal bagi korban maupun pelaku bullying. Dampak bullying terhadap korban yaitu psikologis anak, sedangkan dampak untuk pelaku bullying akan menjadi fatal ketika terdapat undang-undang yang menyatakan bullying tersebut sebagai tindakan yang dilarang dan dikenakan pidana.

Maka, menjadi  pendidikan bersama 📒 bahwa sekolah dasar ataupun menengah, bullying rentan terjadi di usia remaja. Pentingnya memberikan referensi edukasi kepada pelajar atau masyarakat bagaimana bullying untuk dihindari atau dilarang.

Maka dari itu, kelas X mengangkat jargon P5 yaitu egomu, sedihku. Terdapat nya pemaparan materi 📔dari eksternal yaitu lembaga perlindungan anak dan lembaga penegak hak asasi manusia, sebagai edukasi untuk siswa kelas X. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Berbagai aktivitas antara lain pengisian rubrik KWL chart, membuat graphic organizer menggunakan canva,  membuat rubrik Think-Pair-Share, bermain peran singkat mengenai ujaran kebencian secara digital kepada teman, membuat peta konsep berdasar pada teknik 5W-1H (Who, What, Where, Why, When, How) menggunakan media karton, kegiatan keagamaan  (istighosah bersama), senam kreasi P5, pembuatan differentiated instruction, tindak lanjut (menjadi upstanders) dan membuat kartu motivasi sederhana 💌. 

ATAS BENAR sebagai jargon dari pelaksanaan P5 di kelas XI. Tak kenal maka tak sayang, itulah salah satu peribahasa yang sering didengar, sehingga  pentingnya mengenal lebih dalam terkait ATAS BENAR. ATAS BENAR adalah akronim dari arek SMANTASS bebas narkoba. Terdapat pemateri  eksternal dari Badan Narkotika Nasional, Polsek Rungkut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan harapan kegiatan P5 ATAS BENAR dapat menumbuhkan karakter anti narkoba sejak dini. Berbagai aktivitas P5 kelas XI yaitu pembuatan K-W-L chart, pembuatan yel-yel pelajar anti narkoba, mind map kasus narkoba 5W + 1H menggunakan aplikasi canva, tiktok tentang ajakan menghindari narkoba, kegiatan keagamaan, nobar film tentang antinarkoba, poster dan masing 3D  tema “say no to drug: tanpa narkoba, sehat jiwa dan raga”, dan kampanye pelajar “anti narkoba” yang dilakukan di lingkungan sekitar SMANTASS. 

Ibu Fifid Suryaning Fitri, M.Pd., selaku koordinator P5 kelas XI menyampaikan bahwa pelaksanaan P5 berjalan dengan lancar, bersyukur karena atas pertolongan Allah, pelaksanaan P5 berjalan sesuai dengan schedule yang telah disusun. P5 merupakan program kokurikuler yang bertujuan untuk pengembangan karakter. Semoga pendalaman materi maupun kegiatan-kegiatan yang dijalani bisa mengembangkan potensi dan karakter siswa dengan maksimal. Selain itu, Bapak Fauzan Adim, S.E., selaku koordinator P5 kelas X menuturkan “Semoga apa yang sudah siswa  dapatkan pada pembelajaran P5 tahun 2023 dapat diimplementasikan dalam kehidupan, khususnya dalam dunia pendidikan,  lingkungan masyarakat dan harapan saya, siswa dapat memberikan edukasi ini pada orang lain sehingga bermanfaat. Untuk tahun 2024, semoga P5 dapat berjalan dengan baik, sehingga proses pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam P5 dapat dirasakan nyata oleh semua pelajar khususnya masyarakat pelajar yang ada di Indonesia”.

 

“Remaja masa mencari jati diri. Jangan kau nodai dengan serpihan duri. Kokain, ganza, diazepam seketika membuat terpanah diri sendiri. Aduhai, remaja masa kini, ukirlah prestasi nan tingkatkan potensi diri. Mantapkan hati tuk antinarkoba sejak dini” ujar Bapak Ibnu Mashuda, S.Pd dalam caption yang disusun bersama pendamping P5 Kelas XI-5 dalam cuplikan video P5 Kelas XI-5. 

Penulis : Nur Haniyyah Muslimah, S.Pd & Mohammad Rafli Alfisyahr, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

If you Have Any Questions Call Us On 0318700717